Tidak dapat dipungkiri bahwa pada zaman modern ini penggunaan smartphone sudah sangat biasa. Mulai dari anak kecil sampai orang yang sudah tergolong lansia. Pengoperasian smartphone yang sangat mudah ini membuat banyak orang bisa menggunakannya dengan cepat. Fitur di smartphone juga sangat banyak. Apalagi aplikasi yang ada sangat banyak yang membuat banyak orang merasa sangat beruntung memiliki smartphone.

Disamping banyaknya keuntungan adanya smartphone ini juga menimbulkan banyak hal negatif yang ada. Beberapa apalagi bagi anak kecil yang sudah ketergantungan dengan gadget. Ini juga tidak baik untuk perkembangan anak, baik secara fisik maupun psikologis. Nah, Anda sebagai orang yang lebih tahu, maka bisa mulai memberikan pengertian kepada yang lebih muda. Smartphone juga harus digunakan dengan bijak, jangan sampai merusak kesehatan.

Gunakan Smartphone Pada Saat Yang Tepat

Memangnya ada hubungan antara smartphone dan kesehatan? Ya, tentu saja ada. Ada banyak dampak penggunaan smartphone ini pada kesehatan. Jika Anda tidak memperhatikannya, maka Anda kemungkinan akan bisa menderita suatu penyakit karena terlalu banyak menggunakan smartphone. Jadi Anda bisa menggunakan smartphone ini pada saat yang tepat saja. Apalagi untuk anak kecil, jangan sampai mereka sudah kecanduan dengan gadget, maka akan bisa berbahaya.

Cara Menjaga Kesehatan Dengan Penggunaan Smartphone

Nah, ini ada cara menjaga kesehatan dan melindungi dari pengaruh buruk gadget. Ada beberapa cara yang harus Anda lakukan agar gadget bisa menjadi sahabat dan bukan sebagai senjata makan tuan atau malapetaka bagi diri Anda sendiri. Dampak negatif penggunaan smartphone berlebihan akan sangat merugikan Anda. Maka inilah yang harus dilakukan:

  1. Menjaga jarak dalam mengoperasikan smartphone. Jangan terlalu mendekatkan smartphone pada mata, karena akan membahayakan mata Anda. Salah satunya adalah membuat mata bisa menjadi minus dalam beberapa waktu saja.
  2. Jangan bermain gadget sebelum tidur dan jangan di saat lampu mati, karena akan berbahaya juga bagi mata. Mata akan bekerja lebih keras saat memainkan smartphone di pencahayaan yang minim, bahkan tidak ada pencahayaan. Jangan juga main smartphone sambil tiduran pas sebelum tidur, akan membuat Anda pusing.
  3. Jangan terlalu lama memainkan smartphone karena akan berdampak buruk pada kesehatan, seperti gangguan penglihatan, pencernaan, dan juga gangguan fungsi di otak. Terlalu lama memainkan smartphone ini membuat pusing dan bahkan bisa sampai mual dan mengganggu sistem pencernaan, membuat perut menjadi sakit.  Apalagi penglihatan bisa perlahan minus.
  4. Jangan mengoperasikan smartphone saat sedang dicharge. Mengapa? Jika kebetulan Anda sedang mencharge smartphone Anda jangan sampai sambil mendengarkan musik dan lainnya melalui headset atau sambil Youtube an, dan main media sosial lainnya. Karena radiasi smartphone ketika diisi daya akan lebih banyak, dan jika radiasi penuh, smartphone bisa meledak saat digunakan.
  5. Insomnia. Kebiasaan bermain smartphone sebelum tidur juga akan membuat kualitas tidur menjadi buruk. Bahkan Anda bisa sampai begadang hanya menyempatkan untuk mengutak atik bermain smartphone. Jika Anda lelah dan masih memaksakan memainkan smartphone akan membuat Anda insomnia dan kualitas tidur buruk berakibat pada banyak hal, terutama malas.
  6. Kram. Ya, saat penggunaan smartphone tidak terkontrol dan hanya melepasnya saat Anda ke kamar mandi saja, maka tangan dan otot Anda akan bisa mengalami kram. Ini tentunya sangat berbahaya karena aliran darah pada jari tangan menjadi tidak normal.
  7. Sakit leher. Terlalu banyak menunduk saat mengoperasikan dan bermain smartphone dalam jangka waktu yang lama akan membuat otot leher menjadi sangat kaku. Hal ini jika dibiarkan Anda akan mengalami nyeri kaku di leher dan sampai sakit leher. Bahkan Anda akan terbiasa menunduk dan tidak bisa berjalan dengan tegak.

Tentunya ada banyak bukan dampak negatif bagi kesehatan dari smartphone ini? Anda bisa nih mulai sekarang perlahan untuk menggunakan smartphone dengan bijak. Toh ini untuk kesehatan Anda sendiri bukan? Bukan untuk orang lain. Sayangi badan Anda agar tetap sehat. Jangan mengoperasikan smartphone melebihi batas walaupun Anda memiliki banyak kuota. Jadilah pengguna smartphone yang menyayangi diris sendiri dan orang lain. Apalagi Anda memiliki anak ataupun adik yang masih kecil dan sudah kecanduan smartphone ini. Batasi penggunaan smartphone untuk menjaga kesehatan Anda.