Kesehatan sangat diperlukan oleh semua orang. Menjaga kesehatan adalah hal yang wajib dilakukan. Ada banyak cara menjaga kesehatan. Namun terkadang ada beberapa sakit yang datangnya tiba-tiba tanpa Anda sadari penyebabnya. Anda juga perlu waspada. Jika diperlukan Anda bisa memiliki kotak P3K pribadi untuk mengobati beberapa sakit ringan yang dirasakan, asalkan tidak sering-sering.

Salah satu sakit yang dirasakan oleh banyak orang baik dai usia kecil sampai renta serta tidak diketahui gejalanya adalah perut kembung. Biasanya perut kembung ini awal dari masuk angin yang berlebihan dan tidak dirasakan. Bagaimana jika hal ini tiba-tiba terjadi pada Anda? Nah, Anda bisa nih melakukan pertolongan pertama pada perut kembung. Anda bisa menanganinya dengan cepat dan jika kondisi masih berlanjut Anda perlu periksa ke dokter.

Cara Alami Mengobati Perut Kembung

Bagaimana memberikan pertolongan pertama pada perut kembung ini? Apakah ada cara yang praktis dan tidak perlu repot-repot? Ya, tentu saja Anda. Seperti yang Anda ketahui bahwa mengalami perut kembung sangat menjengkelkan karena kondisi perut sangat begah, terasa sakit perut terasa penuh, membesar dan penuh gas. Anda juga akan sering bersendawa namun tidak membuat Anda merasa baikan, justru akan bertambah begah.

Nah, inilah solusi praktis yang bisa Anda lakukan:

  1. Mengoleskan minyak angin di perut secara merata agar perut perasa hangat. Oleskan juga di bagian pinggang, serta melakukan pijatan ataupun mengurut ke bawah di bagian pinggang.
  2. Banyak minum air putih yang hangat, bisa juga wedang jahe yang panas agar perut bisa hangat dan tidak akan terasa penuh.
  3. Melakukan olahraga kecil seperti jalan-jalan di dalam rumah dan gerakan yang lainnya. Anda bisa melakukan pijat urut yang sederhana dan kecil di bagian pinggang, di belakang perut. Namun jangan sampai terlalu keras.
  4. Jangan mengonsumsi makanan maupun minuman yang banyak mengandung gas, seperti kacang-kacangan, dan juga minuman bersoda. Keadaan perut kembung adalah kondisi dimana perut menghasilkan gas yang berlebih, Nah, cara menghilangkannya jangan Anda menambahi dengan konsumsi makanan instan, kacang-kacangan, maupun sayuran yang banyak mengandung gas, atau juga jangan minuman bersoda. Jika ini dikonsumsi, maka perut Anda akan terasa semakin begah dan tidak nyaman.
  5. Jika ingin makan, jangan mengunyah terburu-buru, kunyah sampai lembut dan jangan terlalu banyak porsi makannya. Anda yang masih merasakan perut kembung, maka mengambil porsi makan yang sedikit dulu dan Anda mengunyah sampai halus agar mudah dicerna di dalam sistem pencernaan dalam tubuh.
  6. Mengonsumsi banyak buah-buahan. Jika perlu dibuat jus sehingga akan dicerna lebih cepat dan Anda juga akan bisa menikmatinya. Namun jangan dicampur dengan es batu, hanya jus buah original saja.
  7. Jika Anda kebetulan perokok, maka jangan mengonsumsi rokok terlebih dahulu Selama Anda masih merasakan perut Anda kembung dan tidak nyaman. Hindari juga minuman keras dan obat-obatan luar tanpa disarankan dari dokter karena akan membuat perut menjadi bertambah begah.

Cukup praktis bukan cara mengatasinya. Jika hal itu kebetulan terjadi pada Anda, maka Anda bisa langsung melakukan pertolongan pertama dengan sangat cepat. Anda tidak perlu langsung periksa ke dokter jika diobati dengan cara sederhana saja sudah bisa.

Mencegah Agar Tidak Terjadi Perut Kembung Kembali

Jika Anda sudah mengetahui bagaimana mengobati dan mengatasi saat perut kembung, maka Anda juga harus melakukan cara untuk mencegah agar Anda tidak mengalami perut kembung. Inilah hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

  1. Jangan makan makanan dengan berbagai rasa dalam satu kali makan. Jika Anda lakukan ini, maka tidak lama, perut Anda akan terasa sangat begah, terkesan lebih kenyang namun terasa penuh dan tidak kunjung reda.
  2. Kunyah makanan lama sampai lembut dan jangan makan terburu-buru. Anda yang sangat kelaparan, justru makan makanan sedikit terlebih dahulu dan makan dengan pelan. Jika sudah berselang waktu Anda bisa makan lagi dengan porsi yang lebih, dan tetap jangan terburu-buru menelannya jika belum lembut di kunyahan.
  3. Tidak merokok sambil makan. Lebih baik Anda tidak perlu merokok karena akan sama saja, Anda makan makanan bergizi, namun gizinya diserap oleh racun di dalam rokok.