Siapa yang tidak suka minum teh? Pasti semua orang suka sekali minum teh, bukan? Rasanya yang ringan dan menyegarkan memang mampu membuat pikiran dan tubuh Anda menjadi kembali bersemangat setelah meminumnya. Teh adalah salah satu minuman yang mendunia dengan berbagai jenis. Untuk jenis teh hitam dan teh hijau, mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, namun apakah Anda sudah cukup mengenal jenis teh lainnya yaitu teh putih?

Apa Itu Teh Putih?

Teh putih adalah salah satu jenis varietas teh yang apabila diseduh tidak menimbulkan warna atau berwarna keputihan. Hal inilah yang menyebabkan jenis teh ini disebut teh putih. Kenapa bisa berwarna putih? Sebab, teh tersebut dipanen ketika daun teh belum terbuka sepenuhnya serta di bagian tunas masih tertutupi rambut-rambut halus yang  berwarna putih. Sehingga apabila diseduh menimbulkan warna putih. Teh putih ini memang jarang kita temukan, akan tetapi khasiat yang bisa kita dapat dari jenis teh yang satu ini sangat banyak.

Kandungan Teh Putih

Jika dibandingkan dengan jenis teh yang lain, teh putih memiliki kandungan kafein yang paling rendah. Hal ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang ingin tetap menikmati kesegaran teh tanpa harus khawatir dengan kandungan kafein. Teh putih ini memiliki beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh kita seperti Asam Amino, Flouride, Polifenol, Antioksidan, Fosfor, Kalsium, Vitamin A, C, dan E,  serta Quercetin dan Kaempfrol.

Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda yang kesulitan untuk memperoleh berat badan ideal, maka mengonsumsi teh putih bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan. Teh putih ini dipercaya dapat mengurangi tumbuhnya sel lemak yang dapat mengakibatkan kegemukan. Untuk memperoleh manfaat berupa penurunan berat badan yang cukup, maka konsumsilah teh putih secara teratur setiap hari pada waktu pagi hari dan sebelum makan siang dan makan malam.

Menghilangkan Bau Mulut

Apakah Anda merasa tidak percaya diri karena bau mulut? Jika iya, maka mengonsumsi teh putih secara teratur setiap hari dapat membantu menghilangkan bau mulut. Sebab, kandungan antioksidan yang tinggi pada teh putih mampu membantu membunuh kuman yang ada di daerah mulut dan gigi serta menjaga kesehatan mulut dan gigi sehingga terhindar dari bau mulut.

Mencegah Kanker

Mungkin terdengar mustahil jika teh dapat membantu Anda mencegah kanker. Namun pada kenyataannya, kandungan polifenol serta antioksidan yang tinggi pada teh putih mampu membuat Anda terhindar dari berbagai jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker mulut, kanker payudara, kanker paru-paru, dan kanker serviks.

Menyehatkan Tulang

Mungkin beberapa dari Anda tidak terlalu suka mengonsumsi susu sebagai penunjang kesehatan tulang. Namun tidak perlu khawatir sebab, teh putih juga bisa membantu Anda untuk menjaga kesehatan tulang. Sebab, kandungan fosfor yang cukup tinggi pada teh putih bisa membuat tulang-tulang pada tubuh Anda menjadi lebih sehat dan kuat. Jadi, Anda tetap bisa mendapatkan manfaat dari fosfor tanpa harus mengonsumsi susu secara rutin.

Menjaga Kesehatan Gusi Dan Gigi

Seperti yang telah disebutkan tadi bahwa teh putih memberikan manfaat yang signifikan untuk menjaga kesehatan mulut yaitu mampu mencegah bau mulut. Selain itu, kandungan fosfor yang ada pada teh putih tidak hanya membuat mulut kita terbebas dari bau tak sedap, tetapi juga membuat gusi dan gigi menjadi lebih sehat dan kuat. Jadi, jika Anda ingin memiliki gigi yang sehat dan kuat, rutinlah untuk mengonsumsi teh putih.

Mengatasi Diare

Teh memang terkenal bisa membantu mengatasi diare. Mungkin Anda pernah mendengar apabila kita terserang diare disarankan untuk mengonsumsi air teh yang sangat pekat. Hal tersebut bisa membuat diare sedikit demi sedikit membaik. Namun, kandungan kafein yang ada pada teh hitam lebih tinggi daripada teh putih. Sehingga lebih baik Anda mengonsumsi teh putih dengan kandungan kafein yang rendah untuk mengatasi diare.

Meredakan Nyeri

Teh putih dengan kandungan antioksidan yang tinggi memang mampu membuat tubuh dan pikiran kita menjadi lebih rileks. Dengan kandungan tersebut, teh putih juga bisa membantu Anda untuk meredakan nyeri yang Anda rasakan, seperti nyeri yang diakibatkan oleh atrithis.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kesehatan jantung bisa tetap terjaga dengan rajin berolahraga dan konsumsi makanan yang sehat. Seperti rutin mengonsumsi teh putih bisa membuat jantung Anda lebih sehat. Hal tersebut dikarenakan kandungan yang ada di dalam teh putih dapat menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh yang dapat membahayakan jantung.

Meningkatkan Daya Ingat

Rutin mengonsumsi teh putih juga bisa membantu Anda untuk meningkatkan daya ingat. Sebab, kandungan zat antioksidan yang paling tinggi pada teh putih dapat membuat sel-sel otak Anda berkembang dengan baik.

Meningkatkan Sistem Imun

Bagi Anda yang mudah terserang flu dan batuk, maka rutinlah mengonsumsi teh putih. Sebab, kandungan zat antioksidan yang tinggi akan membantu Anda terhindar dari efek radikal bebas.