Paving blok merupakan bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen, air, agregat kasar, agregat halus dan juga batu abu. Paving blok ini biasanya digunakan untuk alternatif penutup permukaan tanah. Paving blok ini biasanya terkenal dengan sebutan bata beton atau concrete blok. Di toko bangunan pastinya jual paving block beraneka macam.

Kelebihan Paving Blok

Paving blok dijadikan bahan bangunan rekomendasi untuk penutup permukaan tanah dibandingkan dengan produk yang lainnya. Kelebihan yang dimiliki paving blok yaitu dari berbagai segi seperti segi bentuknya, ukuran, warnanya, dan juga tekstur permukaannya. Meskipun paving blok ini merupakan bahan bangunan yang direkomendasikan, namun paving blok ini bisa divariasi juga dengan produk penutup permukaan tanah lainnya.

Paving blok ini memiliki beberapa kelebihan diantaranya :

  1. Mempunyai daya serap air yang baik dibandingkan dengan aspal ataupun beton readymix. Daya serap air ini baik sekali untuk menopang bangunan di sekitar karena keseimbangan air tanah terjaga dengan baik.
  2. Beban pada paving blok ini lebih ringan dibandingkan dengan cor beton dan juga aspal sehingga dapat dijadikan penopang utama supaya pondasi dalam rumah dapat tetap stabil.
  3. Karena memiliki daya serap yang baik membuat ketersediaan air tanah di sekitar rumah lebih terjamin.

Macam-macam Paving Blok

Seperti yang kita ketahui bahwa paving blok ada banyak sekali macamnya. Ketika Anda mengunjungi sebuah toko bangunan Anda akan ditawarkan banyak sekali jenis paving yang terbaik menurut versi dari toko tersebut. Paving blok ada banyak sekali macamnya seperti :

  1. Paving Bata

Paving ini merupakan paving bata yang memiliki warna hitam. Paving ini memiliki ketebalan yang berbeda yaitu ada yang tebalnya 6cm, 8cm, 10cm. Panjang paving ini yaitu 21cm dan memiliki lebar 10,5cm

  1. Paving Trihex

Paving trihex ini memiliki dua warna yaitu warna hitam dan warna abu-abu. Model dari paving ini seperti bentuk segitiga

  1. Paving Kubus

Paving kubus ini memiliki warna yang cukup banyak yaitu tersedia warna hitam, abu-abu, merah dan warna kuning. Ketebalan dari paving ini ada tiga macam yaitu 6cm, 8cm dan 10cm.

  1. Paving Ubin

Paving ubin ini hampir sama dengan paving blok, namun paving ini berbentuk ubin seperti keramik. Paving ini memiliki ketebalan 6cm dan 8cm. Paving ini memiliki panjang 21cm dan lebar 21cm.

  1. Paving Hexagonal

Paving hexagonal ini berbentuk seperti bangun segi enam. Tersedia dua warna yaitu warna merah dan warna hitam. Ketebalan paving ini yaitu 6cm dan 8cm.

Anda jangan bingung untuk bisa mendapatkan paving blok ini, karena di toko bangunan pastinya jual paving block dengan segala macam jenisnya. Oleh pemilik dari toko bangunan Anda direkomendasikan paving blok yang cocok untuk digunakan di rumah Anda. Bahkan biasanya di toko bangunan juga menawarkan jasa pemasangan paving blok ini.

Karena sekarang sedang musim hujan, selain menyiapkan paving ada beberapa hal yang harus Anda siapkan yaitu :

  1. Memperhatikan Saluran Air

Anda harus rajin memperhatikan saluran air Anda dan pastikan bahwa saluran air Anda tidak mampet. Anda juga tidak boleh membuang sampah di selokan karena bisa menyebabkan banjir.

  1. Membuat Biopori

Lubang biopori ini berfungsi sebagai tempat untuk air bisa meresap ke dalam tanah. Anda bisa membuat lubang biopori ini dengan diameter 10cm dan kedalaman 100cm. Fungsi lain dari lubang biopori yaitu menjaga kelembaban tanah di musim kemarau.

  1. Membuat Bak Resapan

Bak resapan ini sangat membantu agar air yang ada di pipa-pipa dapat ditampung namun atap rumah yang Anda miliki mempunyai pipa yang dapat langsung menyalurkan air ke dalam tahan.

  1. Paving Blok dan Grass Blok

Nah ini yang paling penting ketika musim hujan sudah datang. Pemasangan paving blok ataupun grass blok cocok di pekarangan. Sehingga air hujan dapat mengalir melewati sela-sela paving blok dan grass blok.

Bagaimana ulasan artikel diatas? Sangat bermanfaat bukan. Jangan lupa untuk mengunjungi toko bangunan yang jual paving block terbaik.