Bagi sebagian orang tua, tentu saja memberikan nama untuk anak laki-laki ataupun perempuan sesuai dengan syariat Islam memerlukan perencanaan matang. Nama merupakan doa dan berpengaruh pada akhlak serta kepribadian anak sehingga arti nama yang bagus harus diberikan bagi buah hati.

Untuk pemberian nama, Islam memiliki aturan sendiri yang harus diperhatikan para orang tua agar berguna untuk kemaslahatan anak dan orang tua.

Intinya jangan sampai nama yang diberikan pada buah hati dilarang bagi syariat agama. Ini karena terdapat beberapa hal yang tidak diperbolehkan untuk dilakukan saat pemberian nama yaitu memberikan nama dengan arti negatif, berhubungan dengan syahwat, diambil dari tokoh zalim, dan lainnya.

Cara Memberikan Nama Sesuai Syariat Islam

Memberikan nama untuk buah hati sudah ditetapkan sesuai dengan syariat dan anjuran Nabi Muhammad SAW. Ini seperti yang disebutkan pada Surah Maryam ayat 7, isinya yaitu menekannya mengenai pentingnya proses pemberian nama untuk anak.

Pasangan suami-istri yang beragama Islam sangat disarankan tidak hanya memberikan nama yang bagus akan tetapi mengandung doa yang bagus untuk anak.

Lantas, bagaimana cara yang tepat memberikan nama sesuai dengan syariat Islam? Maka berikut ini adalah langkah-langkah perlu untuk diterapkan.

  • Pemberian nama adalah hak ayah

Berdasarkan pada hadis Rasulullah SAW dan diriwayatkan Ibnu Najjar, anak memiliki tiga hak atas ayahnya. Beberapa hal tadi yaitu diberikan nama, diberikan pendidikan yang baik serta dibantu untuk memilih pasangan yang sesuai.

Maka suami ataupun ayah perlu untuk memikirkan dengan baik nama yang akan diberikan untuk sang buah hati.

Walaupun pemberian nama adalah hak ayah akan tetapi ibu juga bisa ikut andil di dalam prosesnya. Ibu bisa membantu ayah di dalam memilah nama anak Islami yang bagus.

  • Menyematkan nasab nama bagi anak

Di akhirat, Allah SWT memanggil nama dari setiap muslim dan diikuti nama ayah dengan cara menambahkan bin (anak laki-laki) serta binti (anak perempuan). Makna nasab ataupun garis keturunan buah hati dari sang ayah.

Ketika ayah mengikuti syariat dan bahasa Arab maka anak tidak akan menemukan bahaya merugikan. Melihat hal ini pula maka pemilihan nama di dalam agama Islam tidak boleh diabaikan begitu saja. Jadi sematkan nasab untuk anak laki-laki Islam agar anak serta ayah tidak akan berhadapan pada resiko di hari akhir.

  • Waktu yang tepat memberikan nama

Abu Musa di dalam hadits dan diriwayatkan HR. Bukhari mengungkapkan jika para sahabat Rasulullah SAW memberikan nama langsung ketika anak mereka lahir. Aturan tersebut sifatnya sunah namun menjadi lebih baik jika diikuti dengan harapan memperoleh ridha serta pahala.

Pasutri dapat mempersiapkan beberapa daftar sebelum masa persalinan datang. Akan tetapi terdapat dua waktu alternatif yang bisa dipilih ketika nama anak belum dipersiapkan saat persalinan terjadi. Berdasarkan pada ajaran, ayah bisa memberikan nama di hari ketiga sampai ketujuh setelah kelahiran.

  • Memilah nama baik untuk anak

Pemberian nama dengan arti nama yang baik sangat disarankan untuk diberikan kepada buah hati. Lantas bagaimana kriteria nama yang baik di dalam Islam? Nama yang bagus bisa diambil dari Asmaul Husna ataupun nama para nabi.

Tujuan pemberian nama tersebut supaya menjadi pengingat dan membantu sang buah hati menjadi lebih dekat dengan Allah SWT. Pemilahan nama yang bagus sesuai syariat Islam dikuatkan di dalam firman Allah SWT pada Surat Al-A’raf ayat 180.

Sebagai seorang muslim yang taat tentunya pasutri perlu dalam mendalami serta mengikuti saran tadi agar sang buah hati bisa selamat dunia dan akhirat.

Kenapa Harus Memberikan Nama Yang Baik

Setelah mengetahui cara pemberian nama sesuai dengan syariat Islam tentunya kalian bertanya-tanya kenapa nama yang diberikan untuk sang buah hati harus baik maka berikut ini adalah jawabannya.

Setiap orang tua tentu saja ingin buah hati bisa tumbuh dengan baik dan beradab. Akan tetapi hal tersebut tidak bisa diperoleh begitu saja tanpa melalui upaya-upaya yang tepat sesuai dengan syariat. Seorang anak tentunya mempunyai hak yang wajib untuk ditunaikan orang tuanya.

Hal tadi juga yang sejatinya menentukan akan kebaikan pada setiap proses tumbuh kembangnya. Salah satu hal yang wajib dipenuhi dalam pemberian nama yang baik. Nama adalah harapan ataupun doa orang tua yang dipanjatkan kepada Allah SWT untuk anak-anaknya.

Maka setiap orang tua tentunya wajib untuk memberikan nama yang bagus baik untuk anak laki-laki ataupun perempuannya. Kebaikan dari sebuah nama diperoleh dari arti yang juga memiliki makna kebaikan.

Para orang tua bisa meniru nama dari orang-orang sholeh dan sholehah pada masa Rasulullah SAW. Hindari untuk memberikan nama yang memiliki makna buruk walaupun mungkin jika didengarkan terkesan modern.

Hindari pula memberikan nama anak yang bila diucapkan sangat sulit. Pasalnya itu bisa menjadi sebuah alasan untuk orang lain nantinya memanggil nama anak dengan berbagai sebutan yang cenderung menjadi mudah diucapkan walaupun artinya tersebut tidak tepat.

Jadi begitulah nama merupakan sebaik-baiknya hak yang perlu ditunaikan orang tua untuk anaknya. Sangat disarankan saat masa kehamilan mencari berbagai referensi nama yang memiliki arti nama bagus dan terpuji.

Akan lebih baik jika pemberian nama sesuai dengan syariat Islam yang ada sehingga bisa memberikan manfaat di kemudian hari dan terhindarkan dari kemudaratan yang bisa merugikan anak dan orang tua nantinya karena nama yang buruk.