Apakah Anda tahu apa saja fitur yang dimiliki oleh iPhone? Seperti yang diketahui iPhone memiliki berbagai fitur menarik yang dapat dimanfaatkan oleh para penggunanya. Salah satu fitur yang dimiliki iPhone ini adalah 3D touch.

Tahukah Anda apa fungsi dari 3D touch ini? Jika Anda penasaran, ikuti terus penjelasan pada artikel di bawah ini. Secara garis besar, 3D touch ini memungkinkan Anda untuk membuka berbagai aplikasi termasuk nada dering iPhone. 

Apa Itu 3D Touch? Apa Saja Fungsinya?

3D touch merupakan salah satu fitur yang bisa Anda gunakan pada smartphone khususnya iPhone. Fitur yang satu ini memiliki fungsi untuk membuka aplikasi serta mengakses beberapa opsi menu tertentu dengan cara menyentuhnya secara long press pada icon aplikasi tersebut. 

Jadi Anda bisa menyentuh secara lama di icon yang diinginkan setelah itu pengguna baru bisa memperoleh beberapa akses menu. Tidak hanya itu saja, fitur ini juga bisa digunakan untuk menzoom foto serta memunculkan menu baru pada smartphone ini. 

Ya, fitur yang satu ini memang berguna untuk sistem navigasi, jadi para pengguna dapat dengan mudah masuk ke opsi menu yang dimaksud hanya dengan sedikit sentuhan saja. Berikut ini merupakan beberapa cara mengaktifkan 3D Touch pada beberapa series iPhone. 

Perlu diketahui juga bahwa perangkat iPhone yang mendukung 3D touch ini diantaranya iPhone 6s, iPhone 6splus, iPhone 7, hingga iPhone XS Max yang terbaru. Jadi bagi Anda yang memiliki iPhone dengan series terbaru di atas Anda bisa mengaktifkan 3D touch sekaligus menggunakannya untuk mengakses nada dering iPhone lebih cepat. 

Bagaimana Cara Mengaktifkan 3D Touch pada iPhone 5?

Apple merupakan salah satu merk smartphone yang diketahui memiliki banyak keunggulan dibandingkan smartphone lainnya. Hal tersebut terlihat dari banyaknya peminat merk smartphone yang satu ini dibanding merk lainnya. Namun tidak semua orang bisa memiliki smartphone yang satu ini karena terkendala oleh harganya. 

Ya, merk yang satu ini terkenal dengan harganya yang lumayan mahal hanya saja untuk kualitas, fasilitas dan berbagai fitur yang dimiliki tidak perlu dipertanyakan lagi. Kini Apple telah menyertakan teknologi sentuhan pada layar barunya yaitu 3D. Teknologi ini akan mengenalkan kekuatan sentuhan spesifik dan lebih akurat. 

Jadi jika Anda menggunakan fitur yang satu ini akses yang Anda terima akan lebih cepat. Nah, untuk lebih jelasnya, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1.      Masuk ke menu pengaturan

Pertama Anda bisa menuju ke menu pengaturan setelah itu Anda bisa memilih opsi aksesibilitas yang ada pada menu tersebut. Setelah Anda masuk ke menu aksesibilitas, Anda bisa memilih touch.

2.      Masuk ke touch 

Pada menu touch akan terdapat beberapa pilihan selanjutnya Anda bisa mengaktifkan opsi 3D & Haptic touch. Nah, untuk mengaktifkannya Anda bisa menggeser pengalih kecil yang ada pada tampilan layar sampai berwarna hijau dan muncul tanda On. 

3.      Sesuaikan sensitivitas

Setelah mengaktifkan 3D touch Anda bisa mengubah sensitivitas pada bagian cahaya dengan mengurangi jumlah tekanan yang diperlukan. Disarankan Anda mengatur sensitivitas cahaya pada keadaan medium. Selain itu Anda juga bisa mengubah durasi sentuhan dan menyesuaikan waktu yang diperlukan dalam menampilkan pratinjau konten. 

4.      Pengaturan sudah selesai

Jika sudah sampai pada tahap di atas maka pengaktifan 3D touch sudah selesai dan bisa berfungsi. 

Bagaimana Cara Mengaktifkan 3D Touch pada iPhone 7 Plus?

Tidak hanya iPhone 5 saja, iPhone 7 Plus dan series terbaru lainnya juga bisa diaktifkan 3D touch. Adapun langkah-langkahnya bisa Anda ikuti di bawah ini.

1.      Menuju ke menu pengaturan

Caranya sebenarnya hampir sama dengan iPhone 5 yaitu pertama Anda bisa menuju ke menu pengaturan terlebih dahulu. Setelah masuk ke menu pengaturan Anda bisa memiliki accessibility. 

2.      Pilih touch

Setelah masuk ke menu aksesibilitas, Anda akan ditampilkan beberapa opsi, Anda bisa klik touch di bagian physical and motor. Setelah itu pada menu touch ini Anda bisa mengaktifkan 3D & Haptic touch caranya Anda bisa klik opsi 3D & haptic touch setelah itu Anda bisa mengaktifkan 3D touch dengan menggeser pengalih menjadi On dan berubah berwarna. 

3.      Atur sensitivitas

Setelah itu atur sensitivitas cahaya dengan cara menggeser panel yang ada di tampilan layar menuju ke medium. Anda bisa menggesernya sampai sensitivitasnya medium, hal ini bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah tekanan yang diperlukan.

Demikian informasi yang bisa Anda dapatkan untuk mengaktifkan 3D touch pada iPhone. Setelah diaktifkan, cara ini bisa digunakan untuk mengakses nada dering iPhone hanya dengan satu tekanan saja. Jadi hanya dengan satu sentuhan, aplikasi bisa diakses lebih cepat karena adanya 3D touch.