Cabe adalah salah satu bumbu masak utama dan ada berbagai jenis cabe di dari seluruh dunia. Ada cabai yang segar dan ada juga cabai terpedas yang butuh persiapan matang jika ingin mencobanya. Pada dasarnya, cabai sering digunakan sebagai bumbu masak seperti sambal ijo agar masakan lebih berasa dan terasa pedas pastinya.

Sambal Cabe Ijo, Salah Satu Sambal Populer Di Indonesia Yang Kaya Akan Manfaat

Ada salah satu jenis sambal nusantara yang populer yaitu sambal cabe ijo. Bukan hanya menjadi andalan sebagai bumbu masakan saja, cabai hijau ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Ada berbagai macam kandungan vitamin, senyawa, dan mineral dalam cabai hijau yang penting untuk tubuh. 

Beberapa Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Sambal Ijo Untuk Tubuh

Lalu apa saja manfaat yang bisa kita dapat dengan mengkonsumsi sambal cabai hijau tersebut? Berikut ini akan dibahas beberapa manfaatnya yang lebih baik kalian pahami terutama yang gemar memakan sambal. 

1.      Bagus untuk nafsu makan

Anda mungkin ada yang bermasalah nafsu makannya, cabe hijau adalah solusi tepat. Kandungan-kandungan dalam cabe hijau sangat baik meningkatkan selera makan Anda. Tidak heran kalau banyak orang yang sering menyiapkan menu sambal satu ini untuk menu makanan utama mereka supaya nafsu makan meningkat.

2.      Menyehatkan sistem pencernaan

Manfaat lain dari cabe hijau adalah bisa menjadi pembersih usus, salah satu sifat cabai hijau adalah detoxicants alami. Proses detoxifikasi adalah pembersihan tubuh manusia dari berbagai toksin yang sudah masuk ke tubuh. Racun tersebut bisa berasal dari makanan, polusi dan sumber racun lainnya. 

Cabai hijau yang menjadi pendetoksifikasi alami akan mengeluarkan racun tersebut lewat keringat atau feses. Konsumsi cabe hijau dengan teratur dan dengan dosis yang ideal bisa membantu proses pembersihan usus kita dari toksin-toksin berbahaya. 

3.      Bagus untuk kesehatan paru-paru

Bukan hanya baik untuk kesehatan pencernaan manusia saja, cabe hijau ternyata baik juga untuk menyehatkan paru-paru. Kandungan di dalam cabe hijau baik dalam membersihkan paru-paru sehingga berbagai masalah kesehatan pada paru-paru bisa dicegah. 

Cabe hijau bisa juga membantu pelebaran saluran udara agar napas lebih lega, hal ini sangat bermanfaat terutama saat sedang flu. Penyakit enfisema dan radang paru-paru pun bisa diatasi dengan rutin konsumsi cabai hijau.

4.      Menyehatkan kulit

Ada kandungan vitamin C di dalam sambal ijo yang sangat baik dalam menyehatkan kulit, selain vitamin C, ada juga vitamin E terdapat pada cabai ini. Dengan mengonsumsi cabe hijau secara rutin dengan dosis ideal, bisa mengatasi jerawat, dan mencegah penuaan, sehingga kulit kusam dan keriput bisa dicegah. 

Ada kandungan fitronutrien juga di dalam cabe hijau yang ampuh memudarkan masalah ruam kulit. Manfaat lain konsumsi cabe hijau adalah bisa melindungi kulit seseorang dari kudis yaitu penyakit karena infeksi jamur yang menyebabkan gatal. 

5.      Memperbaiki suasana hati

Manfaat cabai hijau bahkan bisa juga memperbaiki mood atau suasana hati orang, suasana hati itu sendiri sangat penting dijaga untuk produktivitas, kesehatan mental dan sebagainya. Pada faktanya, cabe hijau mampu membantu proses pelepasan endorfin.

Hormon ini adalah hormon yang bisa membuat perasaan senang pada seseorang. Dengan lepasnya hormon ini dari otak, suasana hati bisa lebih baik.

6.      Membantu proses pembentukan kolagen

Protein satu ini sangat diperlukan tubuh, kolagen berfungsi menyehatkan pembuluh darah, tulang, kulit dan berbagai organ tubuh. Tapi protein ini bukan protein yang bisa langsung diproduksi sehingga harus makan makanan tertentu yang bisa membantu tubuh membentuk kolagen.

Ada salah satunya yaitu cabe hijau, di dalam 100 gram cabai hijau, memiliki RDA dengan kandungan 200 % lebih. Jumlah ini cukup tinggi, maka dari itu cabai hijau sangat baik membantu tubuh memenuhi kebutuhan protein kolagen.

7.      Penyembuh luka dan membantu menghilangkan rasa sakti

Ada kandungan antibiotik dalam cabe hijau yang baik untuk penyembuhan luka. Antibiotik pada cabai hijau akan mempercepat pengiriman darah yang masih segar ke area yang terinfeksi atau luka. Dengan begitu, luka bisa lebih mudah kering.

Cabe hijau juga dapat menjadi penghilang sakit, kandungannya bisa merangsang endorfin sehingga bisa membantu mengurangi sakit. Sangat baik manfaat tersebut untuk penderita herpes, diabetes, rematik dan kejang otot . 

8.      Bagus untuk menangkan dampak radikal bebas

Salah satu penyebab utama berbagai penyakit adalah radikal bebas. Beberapa penyakit tersebut mulai dari diabetes, kanker dan sebagainya. Lewat senyawa dalam cabai hijau yang bersifat anti radikal bebas, kamu tidak perlu lagi khawatir akan berbagai ancaman radikal bebas. 

Senyawa capsaicin yang berpadu dengan vitamin pada sambal ijo bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Pada akhirnya risiko terkena penyakit-penyakit berbahaya seperti kanker bisa menurun. Demikian saja bahasan di atas, semoga dapat bermanfaat untuk kamu semua.