Jika Anda melihat desain interior dan ornamen yang ada dalam masjid tentunya sangat indah dan terkesan sangat mewah. Hal ini tentunya akan membuat Anda terkagum-kagum melihatnya. Dan pastinya yang membuat hal tersebut adalah seseorang yang ahli dalam membuat kaligrafi untuk menghias masjid. Dan jika Anda tidak bisa melakukannya maka terdapat perusahaan jasa kaligrafi yang profesional dan berpengalaman dalam bidangnya. Sehingga bisa menghasilkan tulisan indah yang sangat artistik.

5 Jenis Kaligrafi Yang Biasa Digunakan Untuk Dekorasi Ruangan

Tulisan Arab indah atau yang sering disebut dengan kaligrafi sudah banyak digunakan untuk dekorasi berbagai ruangan baik hunian maupun masjid.

  • Diwany

Jenis kaligrafi ini dibuat pertama kali oleh  masyarakat Turki Usmani dan semakin berkembang pada abad ke 15 oleh Ibrahim Munif. Awalnya kaligrafi ini diberikan pada dewan dan dari sinilah kaligrafi Diwany dikenal masyarakat luas. Jenis kaligrafi ini dikenal dengan lengkungannya sehingga bisa disesuaikan dengan tulisan lainnya. Dan jenis kaligrafi ini juga banyak digunakan oleh jasa kaligrafi.

  • Tsuluts/ Tolot

Jenis kaligrafi ini sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat meskipun tidak sepopuler jenis Nasakh yang banyak digunakan dalam Al Qur’an. Kaligrafi jenis ini dianggap sebagai salah satu tulisan indah tertua di dunia kaligrafi arab. Sebab diketahui bahwa tulisan ini sudah ada sejak abad ke-7 di zaman Bani Ummayah dan dikembangkan pada abad ke-9. Jenis kaligrafi ini menuntut keseimbangan karena bentuknya yang simetris.

  • Nasakh/ Naskhi

Meskipun banyak digunakan dalam tulisan Al Qur’an, jenis tulisan ini juga banyak digunakan sebagai dekorasi ruangan. Dengan tulisannya yang sederhana dan mudah dibaca membuat tulisan kaligrafi jenis ini banyak digunakan masyarakat. Dengan munculnya tulisan kaligrafi ini membuat tulisan Khufi kuno tidak digunakan lagi.

  • Farisi/ Persian

Sesuai dengan namanya, bahwa tulisan ini pertama kali digunakan oleh masyarakat Persia atau Iran. Gaya kaligrafi ini dikenal dengan menggantung diatas batas bawah tulisan.

  • Kufi/ Khoufi

Gaya tulisan ini merupakan kaligrafi tertua dan dianggap sebagai cikal bakal kaligrafi yang ada di dunia kaligrafi arab. Dan dalam khufi sendiri terdapat 3 jenis kaligrafi yang dikenal masyarakat pada saat itu yaitu;

  • Kufi mushaf (kufi basith) yang digunakan dalam penulisan Al Quran, sebab bentuk tulisannya yang sederhana tanpa adanya hiasan atau ornamen.
  • Kufi Fatimi kaligrafi yang sudah mulai menggunakan ornamen atau hiasan seperti dedaunan, bunga-bungaan dan motif berpilin.
  • Kufi Murabba’ merupakan kaligrafi dengan bentuk kotak-kotak yang seakan bukan merupakan tulisan kaligrafi arab. Namun jenis ini banyak digunakan oleh jasa kaligrafi untuk hiasan dinding masjid.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis kaligrafi yang banyak digunakan masyarakat untuk menghias berbagai sudut ruangan. Jika dalam masjid merupakan hal yang biasa menghiasnya dengan berbagai bentuk kaligrafi yang berbeda. Namun untuk ruangan sebuah hunian tentu akan dipilih yang artistik dan indah. Sehingga menampilkan kemewahan dan kemegahan dari ruangan itu sendiri.

Memilih Kaligrafi Untuk Dekorasi Ruangan

Ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih kaligrafi sebagai dekorasi ruangan. Hal ini dilakukan agar dekorasi tersebut cocok untuk ruangan. Dalam memilih kaligrafi tentunya harus sesuai dengan keinginan sendiri, sebab bagaimanapun yang akan didekor adalah rumahnya sendiri. Meskipun memilih sesuai dengan keinginan harus tetap disesuaikan dengan warna dinding dan interior ruangan. Dan yang pasti harus disesuaikan dengan budget yang dimiliki. Dengan demikian tidak perlu lagi memesan pada jasa kaligrafi yang ada di kota Anda.